Uni Eropa akan Putuskan Soal Diskusi Keanggotaan Ukraina

Uni Eropa akan memutuskan apakah akan mulai membahas keanggotaan Ukraina ke dalam blok itu pada KTT selama dua hari yang dimulai pada Kamis (14/12). Hungaria sendiri telah mengancam akan memveto langkah itu.

Uni Eropa telah memberi Ukraina status sebagai negara kandidat pada Juni 2022, beberapa bulan setelah invasi Rusia dimulai. Pada KTT Dewan Eropa minggu ini di Brussels, para kepala negara Uni Eropa siap memutuskan apakah akan memulai pembicaraan keanggotaan resmi dengan Kyiv.

Berbicara menjelang pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin (11/12), Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan negaranya sudah menyelesaikan banyak reformasi yang dituntut oleh blok itu.

“Saya datang dengan pesan jelas tentang komitmen Ukraina melaksanakan pekerjaan rumahnya, mulai pembahasan keanggotaan dan bergerak menuju keanggotaan dalam Uni Eropa. Sebaliknya, dalam semangat kemitraan, kepentingan bersama, dan timbal balik, kami juga berharap Uni Eropa membuat keputusan yang menghargai usaha yang dilakukan Ukraina dan memberi negara kami peluang ke pembahasan keanggotaan,” kata Kuleba.

Ia menambahkan KTT tersebut merupakan ujian terhadap kemampuan Uni Eropa untuk memenuhi janjinya. [jm/em]

Sumber: www.voaindonesia.com