Ukraina Katakan Rusia Luncurkan Gelombang Serangan Drone dan Rudal

Militer Ukraina mengatakan Rusia melancarkan gelombang serangan drone dan rudal ke empat wilayah Ukraina pada Rabu malam, tetapi sebagian besar dari drone dan rudal itu dapat dicegat dan dihancurkan oleh pertahanan udara Ukraina.

Total ada 17 drone dan rudal yang diluncurkan terhadap target-target infrastruktur, sipil dan militer di Donetsk, Mykolaiv, Sumy, Dnipropetrovsk dan Zaporizhzhia, kata militer hari Kamis.

Tiga drone dan satu rudal jelajah ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina, tambah militer. Tidak ada laporan mengenai korban.

Hari Rabu, para pejabat di Ukraina Selatan mengatakan sebuah rudal Rusia menghantam sebuah kawasan permukiman dan menewaskan sedikitnya dua orang. Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan rudal itu menghantam sebuah toko makanan di daerah Mykolaiv.

Gubernur Vitaliy Kim mengatakan serangan itu terjadi di desa Stepove dan merusak bangunan-bangunan hunian dan bisnis pertanian.

Sebuah rudal Rusia lainnya pada Rabu pagi menghantam sebuah bangunan hunian di Zaporizhzhia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dalam pidato hariannya, Rabu malam, bahwa serangan itu menewaskan lima orang dan mencederai lima lainnya. Sebuah serangan Rusia lainnya menewaskan seorang perempuan dan melukai empat orang lainnya di Dnipropetrovsk, kata Menteri Dalam Negeri Ihor Klymenko. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com