Tiga Kapal Pengangkut Biji-bijian Tinggalkan Pelabuhan Ukraina

“Pergerakan kapal-kapal ini telah disetujui oleh delegasi Ukraina, Turki dan PBB … Delegasi Rusia telah diberitahu,” kata Pusat Koordinasi Internasional yang berbasis di Istanbul kepada AFP.

Kapal-kapal tersebut adalah yang terbaru yang berlayar dari Ukraina setelah Rusia menarik diri dari perjanjian Juli lalu yang memungkinkan ekspor biji-bijian penting untuk meninggalkan Ukraina dengan tujuan meredakan kekurangan pangan global. Setidaknya 10 kapal berlayar dari pelabuhan Ukraina pada hari Senin.

Moskow mengatakan pihaknya menarik diri dari kesepakatan ekspor itu setelah menyalahkan Ukraina atas serangan pesawat-pesawat tak berawak terhadap armadanya di Laut Hitam.

Perjanjian yang menetapkan koridor aman di mana kapal dapat melakukan perjalanan ke Istanbul itu, telah memungkinkan lebih dari 9,5 juta ton biji-bijian Ukraina untuk diekspor. Perjanjian itu akan diperbarui pada 19 November.

Rusia pada hari Senin mengatakan tidak dapat menjamin keselamatan navigasi kapal-kapal itu, dan menganggap kesepakatan itu “hampir tidak layak” tanpa partisipasinya.[ab/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com