Tank-Tank Abrams Bantuan AS Tiba di Ukraina

Seluruh 31 tank Abrams M1A1 buatan AS yang dijanjikan untuk Kyiv oleh pemerintahan presiden Joe Biden telah tiba di Ukraina, menurut militer AS.
Seorang juru bicara Angkatan Darat AS untuk wilayah Eropa dan Afrika mengatakan kepada VOA bahwa seluruh tentara Ukraina yang dilatih untuk tank-tank seperti itu bersama dengan pasukan AS di Jerman juga telah kembali ke Ukraina berikut amunisi dan suku cadang tank tersebut.

Para pejabat militer mengatakan perlu waktu sebelum Abrams dikirim ke medan tempur, sementara pasukan Ukraina memastikan bahwa mereka telah memiliki unsur-unsur pendukung yang diperlukan serta menentukan kapan dan di mana akan menggunakan tank-tank tersebut untuk memberi efek terbesarnya dalam melawan pasukan Rusia.

Tank-tank Abrams akan menjadi tambahan bagi tank-tank Barat lainnya yang telah tersedia dalam arsenal Ukraina yang sedang berjuang untuk merebut kembali wilayah yang dikuasai Rusia di bagian timur dan selatan Ukraina.

Kedatangan tank-tank Abrams di Ukraina berlangsung sementara AS memberi hingga $200 juta bantuan militer tambahan untuk Ukraina dalam suatu paket pekan lalu.

AS telah menyediakan sekitar $44 miliar bantuan keamanan untuk Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia pada Februari 2022. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com