Serangan Rusia Hantam Lviv, Lutsk di Ukraina Barat 

Para pejabat Ukraina, Selasa (15/8) mengatakan serangan udara Rusia di Lutsk, kota di bagian barat laut Ukraina, menewaskan sedikitnya tiga orang dan mencederai beberapa lainnya.

Gubernur regional Yuriy Poguliaiko mengatakan serangan Rusia menghantam sebuah tempat bisnis di Lutsk.

Para pejabat juga melaporkan kerusakan luas di Lviv, kota di bagian barat, setelah Rusia membidikkan rudal-rudalnya ke sana pada hari Selasa.

Wali Kota Lviv Andriy Sadovyi mengatakan di aplikasi Telegram bawa tidak ada korban tewas, namun serangan itu merusak lebih dari 100 apartemen dan menghancurkan sebuah taman kanak-kanak.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan telah menembak jatuh 16 dari 28 rudal yang diluncurkan Rusia ke negara itu.

Penasihat presiden Mikhail Podolyak mengatakan di X, yang dulu dikenal sebagai Twitter, Rusia telah menggunakan rudal jelajah dan rudal balistik untuk menyerang bangunan-bangunan tempat tinggal dan industri di Lutsk, Lviv dan Dnipro.

“Serangan skala besar yang disengaja terhadap warga sipil. Semata-mata demi pembunuhan dan tekanan psikologis,” kata Podolyak.

Bantuan AS

AS, Senin (14/8) mengumumkan paket bantuan keamanan baru bernilai $200 juta untuk Ukraina. Para pejabat AS mengatakan ini adalah cicilan pertama dari paket bantuan $6,2 miliar yang sebelumnya diotorisasi berdasarkan kewenangan penarikan oleh presiden yang menjamin pengiriman cepat bantuan yang berasal dari cadangan Pentagon sekarang ini untuk Ukraina.

Dua pejabat AS memberitahu kantor berita Reuters Senin lalu bahwa pemerintah AS berkomitmen memberikan dana $6,2 miliar untuk Ukraina setelah mendapati kekeliruan penghitungan bantuan Pentagon yang beberapa miliar dolar terlalu tinggi.

Pada Mei lalu, Pentagon mengatakan telah keliru menghitung nilai persenjataan AS yang dikirimkan ke Kyiv dengan memasukkan “nilai pengganti” bukannya “nilai depresiasi” untuk menghitung miliaran dolar nilai amunisi, rudal dan peralatan lain yang dikirimkannya ke Ukraina. Kekeliruan itu menguntungkan Kyiv karena lebih banyak lagi peralatan yang dapat dikirim.

Washington sekarang ini sedang menyusun pengajuan anggaran tambahan untuk meneruskan bantuan bagi Kyiv, kata para pejabat AS. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com