Senator Warnock Menang: ‘Rakyat telah Berbicara’

Senator Demokrat Raphael Warnock mengalahkan penantangnya dari Partai Republik Herschel Walker dalam pemilihan putaran kedua di Georgia pada hari Selasa. Kemenangan itu memastikan Demokrat menjadi mayoritas langsung di Senat selama sisa masa jabatan Presiden Joe Biden dan mengakhiri pemilihan paruh waktu yang mengecewakan bagi Partai Republik.

Dengan kemenangan putaran kedua Warnock, Partai Demokrat memegang mayoritas Senat 51-49, bertambah satu kursi dari 50-50 saat ini dengan kemenangan John Fetterman di Pennsylvania. Namun, pemerintahan akan tetap terbagi, dengan Partai Republik telah dengan sempit memenangkan kendali DPR.

“Setelah kampanye dengan perjuangan keras, merupakan kehormatan bagi saya untuk mengucapkan empat kata paling kuat yang pernah diucapkan dalam demokrasi: ‘The people have spoken’ (‘Rakyat telah berbicara’),” kata Warnock, 53, kepada para pendukung yang gegap gempita memadati sebuah aula sebuah hotel di pusat kota Atlanta.

Kemenangan Partai Demokrat di Georgia ini mengukuhkan posisi negara bagian itu sebagai medan pertempuran di wilayah selatan AS dua tahun setelah Warnock dan sesama senator Demokrat Georgia, Jon Ossoff, memenangkan pemilihan putaran kedua 2021 yang memberikan partai kendali di Senat, hanya beberapa bulan setelah Biden menjadi kandidat presiden dari Partai Demokrat pertama dalam 30 tahun yang menang di Georgia.

Sekitar 1,9 juta suara diberikan melalui surat dan selama pemungutan suara awal. Jumlah pemilih yang kuat pada Hari Pemilu menambahkan sekitar 1,4 juta suara, sedikit lebih banyak daripada total Hari Pemilu pada November dan 2020. Jumlah pemilih masih lebih kecil daripada pemilihan putaran kedua 2021, sekitar 4,5 juta. [lt/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com