Rusia Mungkin Anjurkan Iran Soal Cara Hadapi Demonstran

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre, Rabu (26/10) menekankan bahwa pemerintahan presiden Joe Biden mendukung rakyat Iran, dan bahwa mungkin ada kerja sama antara Iran dan Rusia dalam menangani pengunjuk rasa Iran.

“Kami mendukung warga yang berani dan perempuan Iran yang berani yang sekarang ini berdemonstrasi untuk mengamankan hak-hak dasar mereka,” kata Jean-Pierre kepada wartawan.

Ia mengatakan AS “khawatir Moskow mungkin menganjurkan kepada Teheran mengenai cara-cara terbaik untuk menangani protes, memanfaatkan pengalaman luas Rusia dalam menumpas demonstrasi terbuka.”
Jean-Pierre menambahkan, bukti bahwa Iran membantu Rusia dalam perang di Ukraina “jelas dan terbuka.”

Ukraina dan mitra-mitra Baratnya, termasuk AS, telah mengatakan drone yang digunakan pasukan Rusia untuk menyerang Ukraina dalam beberapa pekan belakangan ini dipasok oleh Iran. Rusia telah membantah menggunakan drone Iran dan Iran membantah telah memasoknya untuk Rusia.

“Iran dan Rusia semakin dekat, semakin mereka terisolasi,” kata Jean-Pierre. “Pesan kami kepada Iran sangat jelas: Berhentilah membunuh rakyatmu dan berhentilah mengirimkan senjata ke Rusia untuk membunuh warga Ukraina.”

Pada pengarahan yang sama hari Rabu, juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan Rusia dan Iran bekerja bersama untuk melanggar hak-hak asasi dan hak-hak sipil rakyat Iran dan untuk membahayakan jiwa rakyat Ukraina.

“AS mendukung Iran – perempuan Iran dan semua warga negara Iran yang menginspirasi dunia dengan keberanian mereka. Kami akan terus mengambil tindakan untuk memberi hukuman bagi mereka yang melakukan kekerasan terhadap demonstran damai atau yang ingin menekan hak-hak dasar mereka,” katanya. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com