Rusia dan Ukraina Saling Klaim Terkait Keberhasilan Perang

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengklaim sukses itu bagian dari operası khusus di Ukraina dan katanya militer Rusia memperluas daerah yang dikuasainya ke semua arah.

“Upaya utama di tahun yang segera berakhir ini, difokuskan pada pencapaian sasaran operasi militer khusus. Yang penting adalah mematahkan perlawanan angkatan bersenjata Ukraina yang dikumandangkan secara nyaring oleh Ukraina dan sekutu-sekutu NATO-nya,” jelasnya.

Namun pernyataan ini datang pada hari ketika kapal AL Rusia berhasil dirusak dalam serangan udara oleh Ukraina, sesuatu yang diakui oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Juru Bicara AU Ukraina, Yurii Ihnat mengatakan ini merupakan peristiwa signifikan untuk Ukraina.“Peristiwa puncak tadi malam adalah penghancuran satu lagi kapal perang Rusia, yang menambah kerusakan pada Armada Laut Hitam yang diawali oleh rusaknya kapal Moskva. Itu adalah sukses kami sekarang. Jika Anda bertanya, apakah bisa direparasi, foto-foto sudah muncul dan yang tampak hanya kerangka kapal itu, lainnya sudah terbakar habis,” sebutnya.

Kapal AL Rusia Novocherkassk diserang di pelabuhan Feodosia, Crimea oleh mışıl kendali yang diluncurkan dari pesawat, kata Rusia. Satu orang tewas.

President Volodymyr Zelenskyy mengatakan kesuksesan serangan itu memungkinkan Ukraina memulihkan pelayaran kapal-kapal Ukraina di Laut Hitam dan ekspor jutaan ton gandum Ukraina.

Mengomentari serangan terbaru ini, Juru Bicara AU Yurii Ihnat mengatakan bukti yang diperoleh menunjukkan kapal AL Rusia itu parah kerusakannya.

Pejabat Ukraina itu menambahkan kemungkinan besar kapal-kapal lain didekatnya serta prasarana pelabuhan juga mengalami kerusakan.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak memerinci skala kerusakan, tetapi video yang disiarkan TV Ukraina menunjukkan terjadi kebakaran besar di pelabuhan. [jm/ns]

Sumber: www.voaindonesia.com