Rusia Bisa Berperan dalam Proses Perdamaian Israel-Palestina

Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu (11/10), mengatakan bahwa ia menganggap kebijakan Amerika dalam proses perdamaian Israel-Palestina sebagai “kegagalan.”

“Amerika Serikat praktis menjauh dari instrumen internasional sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini, yang mencakup beberapa negara, salah satunya adalah Rusia. Mereka praktis memonopoli proses resolusi,” kata Putin dalam wawancara dengan Al Ghad TV, yang dirilis layanan pers kepresidenan Rusia.

Putin menambahkan bahwa “dari sudut pandang militer,” ia tidak mengerti mengapa Amerika mengerahkan kapal induk ke wilayah itu. Ia menekankan perlunya segera mengakhiri permusuhan dan kembali ke perundingan.

Rusia bisa berperan dalam proses perdamaian itu karena memiliki hubungan baik dengan kedua pihak yang berkonflik, kata Putin.

Israel melancarkan serangan udara ke Gaza setelah militan Hamas memasuki wilayahnya di selatan dan melancarkan serangan yang menewaskan ratusan orang pada Sabtu. Sedikitnya 2.200 orang tewas di kedua pihak dalam perang tersebut. [ka/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com