Ribuan Orang Berunjuk Rasa Menentang Kelompok Sayap Kanan Ekstrem di Jerman 

Ribuan orang berunjuk rasa di Cologne, Jerman Barat, untuk menentang kelompok sayap kanan ekstrem pada Selasa (16/1).

Unjuk rasa itu adalah salah satu dari sejumlah demonstrasi yang terjadi di Jerman selama beberapa hari terakhir, menyusul laporan portal media investigasi Corrective, yang menyatakan bahwa anggota partai oposisi sayap kanan ekstrem Alternatif untuk Jerman (AfD) menghadiri sebuah pertemuan yang membahas pengusiran warga negara dengan latar belakang etnis asing.

Pengunjuk rasa yang menghadiri unjuk rasa di Cologne mengatakan bahwa mereka khawatir akan meningkatnya ideologi sayap kanan ekstrem di Jerman. Salah satu di antaranya menyerukan pemerintah untuk mengambil tindakan.

“Pata politisi yang menyebut diri mereka sebagai politisi sayap kanan ekstrem harus dikonfrontasi secara lisan di parlemen. Mereka harus diadili di pengadilan. Apa yang kami lakukan di sini adalah kontribusi terkecil yang bisa kami berikan,” ujar Evelyn Hawel, salah seorang pengunjuk rasa.

Dukungan bagi Partai Alternatif untuk Jerman melonjak dalam jajak pendapat menjelang pemilu regional dan Eropa tahun ini, terdorong oleh terbatasnya keuangan untuk kepentingan publik dan layanan pemerintahan yang terbebani oleh meningkatnya imigrasi. [rd/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com