PM Inggris Baru Perkenalkan Tim Senior Saat Memulai Masa Jabatannya

Rishi Sunak, Selasa (25/10) menjadi perdana menteri Inggris yang ketiga tahun ini, dan orang kulit berwarna pertama yang memimpin pemerintahan kerajaan itu. Ia bertekad untuk mengatasi krisis ekonomi yang dipicu oleh “kesalahan” perdana menteri Liz Truss sebelumnya selama 49 hari yang penuh gejolak.

Pada hari pertama jabatannya, Sunak mempertahankan Jeremy Hunt sebagai menteri keuangan. Tindakan Sunak ini dilakukan agar pasar keuangan tetap berpihak kepadanya setelah rencana anggaran Truss mengejutkan para investor. Sunak juga mempertahankan menteri luar negeri dan menteri pertahanan pilihan Truss.

Sunak, seorang penganut Hindu yang taat pada usia 42 tahun menjadi pemimpin termuda Inggris sejak 1812. Ia, pada Senin juga menjadi pemimpin baru Partai Konservatif yang berkuasa setelah sebelumnya pernah menjabat sebagai menteri keuangan.

Berbicara kepada rakyat Inggris, di Downing Street, Selasa, tak lama setelah pengangkatannya oleh Raja Charles III, Sunak mengatakan Inggris menghadapi “krisis ekonomi yang mendalam.”

“Saya akan menyatukan negara kita – bukan dengan kata-kata, tetapi dengan tindakan,” kata Sunak yang mengakhiri perubahan luar biasa terbaru dalam politik Inggris menyusul jatuhnya Boris Johnson pada Juli. [my/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com