Peretas China Sasar Infrastruktur Penting AS

Upaya China untuk menyasar infrastruktur penting Amerika Serikat merupakan ancaman mendesak yang perlu segera ditangani.

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan kepada anggota parlemen AS bahwa peretas pemerintah China secara aktif menarget jaringan listrik, instalasi pengolahan air limbah, jaringan pipa gas, dan sistem transportasi Amerika.

“Risiko yang mengancam setiap warga Amerika membutuhkan perhatian kita sekarang juga,” kata Wray dalam kesaksian yang dirilis jelang sidang dengar pendapat Kongres hari Rabu (1/31) tentang persaingan Amerika dengan China.

Direktur FBI juga menuduh Beijing menjalankan kampanye dunia maya untuk membatasi kebebasan AS, disebutnya menjangkau ke perbatasan di seluruh Amerika, untuk membungkam, memaksa, dan mengancam warga negara dan penduduk Amerika.

Kedutaan Besar China di Washington belum menanggapi permintaan komentar terkait hal ini. Peringatan ini bukan yang pertama diluncurkan oleh pejabat tinggi Amerika Serikat.

Sebelumnya pada bulan ini, FBI bersama Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur AS atau CISA, serta Badan Perlindungan Lingkungan atau EPA, memperingatkan bahwa serangan ke dunia maya menimbulkan “risiko nyata dan mendesak terhadap air minum yang aman.”

CISA juga memperingatkan ancaman dari drone buatan China, memperingatkan drone tersebut dapat mengakses atau mencuri informasi sensitif yang dapat membahayakan keamanan, kesehatan, dan keselamatan Amerika Serikat. [ti/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com