Pengadilan Rusia Perpanjang Penahanan Jurnalis AS

Pengadilan Rusia pada hari Jumat memperpanjang penahanan reporter harian Wall Street Journal Evan Gershkovich selama dua bulan.

Pengadilan Moskow memutuskan bahwa Gershkovich akan tetap berada di balik jeruji besi atas tuduhan spionase hingga akhir Maret, sehingga masa penahanannya menjadi satu tahun.

Gershkovich dan Wall Street Journal membantah tuduhan tersebut. Rusia belum memberikan bukti apa pun dalam kasus pidana tersebut.

Konsul Jenderal AS Stuart Wilson menghadiri sidang hari Jumat, menurut kantor berita Associated Press.

Gershkovich yang berusia 32 tahun ditangkap saat dalam perjalanan peliputan di kota Yekaterinburg, Rusia. Dia ditahan di Penjara Lefortovo yang terkenal kejam di Moskow.

Lynne Tracy, duta besar AS untuk Rusia, mengunjungi Gershkovich di penjara pekan lalu. Setelah itu, Kedutaan Besar AS di Moskow mengeluarkan pernyataan yang menyerukan agar reporter tersebut segera dibebaskan, dan menambahkan bahwa ia “tetap tabah dan berterima kasih atas dukungan teman, keluarga, dan para pendukungnya.”

Paul Whelan, warga Amerika lainnya, telah ditahan sejak dia dinyatakan bersalah melakukan spionase pada tahun 2020. Whelan dan pemerintah AS mengatakan dia ditahan secara tidak sah.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken baru-baru ini mengatakan bahwa AS sedang mengupayakan pembebasan Whelan dan Gershkovich. [lt/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com