Pendiri Foxconn Penuhi Syarat untuk Calonkan Diri Jadi Presiden Taiwan

Komisi pemilihan Taiwan, Selasa (14/11), mengatakan bahwa Terry Gou, pendiri Foxconn, perusahaan pemasok utama Apple, telah mengumpulkan cukup tanda tangan. Dengan begitu, ia memenuhi syarat untuk mencalonkan diri menjadi kandidat presiden independen.

Gou mendapat lebih dari 900.000 tanda tangan, kata Komisi Pemilihan Umum, dari 300.000 tanda tangan yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat.

Miliarder tersebut mengumumkan pencalonannya pada Agustus, dengan mengatakan bahwa ia ingin menyatukan oposisi dan memastikan pulau tersebut tidak menjadi “Ukraina berikutnya.” Ia menyalahkan Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa karena membawa Taiwan ke ambang perang dengan memusuhi China yang mengklaim bahwa pulau tersebut adalah bagian dari wilayahnya.

Gou adalah orang keempat yang mencalonkan diri. Tetapi, hasil jajak pendapat menempatkannya di urutan terbawah dan tertinggal jauh di belakang kandidat terdepan, William Lai, yang sekarang menjabat wakil presiden.

Untuk calon wakil presiden, Gou mengajak aktris Tammy Lai. Aktris tersebut baru-baru ini membintangi drama Netflix terkenal. [ka/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com