Penasihat Iran Tewas dalam Serangan Israel

Media pemerintah Suriah, Senin (29/1) mengatakan sejumlah penasihat Iran termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan Israel di selatan ibu kota, sebuah pengakuan yang jarang dilakukan oleh Damaskus atas korban Iran dalam serangan Israel di wilayah Suriah.

Kantor berita negara SANA, mengutip sumber-sumber militer, melaporkan bahwa “sejumlah penasihat Iran serta sejumlah warga sipil tewas dalam serangan Israel yang menarget beberapa titik di selatan Damaskus hari ini (Senin).”

Laporan itu tidak menyebutkan berapa jumlah korban jiwa. Namun, SANA kemudian memperbarui situs webnya dengan menghapus referensi mengenai penasihat Iran dan hanya merujuk pada “kematian.”

Seorang juru bicara militer Israel menolak berkomentar atas ledakan tersebut.

Iran memberikan dukungan militer, ekonomi dan diplomatik kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad selagi ia memerangi para pemberontak yang ingin menggulingkannya dalam konflik yang telah berlangsung selama 12 tahun.

Kelompok ini telah menguasai sebagian besar wilayah Suriah, tetapi laporan tentang aktivitas kelompok itu jarang disampaikan melalui media pemerintah Suriah. [lt/uh]

Sumber: www.voaindonesia.com