Palang Merah Internasional Hubungi Pejabat Israel dan Hamas

Komite Palang Merah Internasional telah menghubungi pejabat Hamas dan Israel mengenai akses pada tahanan, kata seorang pejabat dari organisasi kemanusiaan itu pada Selasa (10/10).

Fabrizio Carboni, direktur regional Timur Dekat dan Timur Tengah untuk Komite Palang Merah Internasional, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa hal tersebut mencakup orang-orang Israel yang disandera oleh Hamas selama serangan mereka yang belum pernah terjadi ke Israel dari Jalur Gaza.

“Tingkat kekerasan masih sangat tinggi, tapi kami sudah meminta akses. Kami juga meminta warga sipil yang ditangkap agar diberi kesempatan berkomunikasi dengan keluarga mereka, untuk memberitahu mereka bahwa mereka aman dan baik-baik saja. Kami juga meminta agar beberapa orang yang tidak tahu menahu dan seharusnya tidak ditangkap agar dibebaskan,” harapnya.

Carboni mengatakan organisasinya sedang berupaya untuk membuka jalur kemanusiaan ke Jalur Gaza untuk menyediakan pasokan medis dan barang-barang lain yang dibutuhkan, namun dia mengakui bahwa pengumuman Israel pada hari Senin mengenai pemutusan listrik, makanan dan air memperumit upaya tersebut. [lt/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com