Netanyahu Tanggapi Gugatan Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Kamis (11/1) bahwa “dunia diputarbalikkan.” Pernyataan itu disampaikan dalam tanggapannya atas tuduhan Afrika Selatan bahwa Israel melakukan genosida di Jalur Gaza.

Mahkamah tertinggi PBB memulai sidang hari Kamis mengenai tuduhan Afrika Selatan bahwa perang Israel dengan Hamas sama dengan genosida terhadap warga Palestina. Israel dengan tegas membantah klaim tersebut.

Meskipun kasus ini mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan, Afrika Selatan meminta Mahkamah Internasional untuk segera memerintahkan penghentian serangan militer Israel di Jalur Gaza.

“Kemunafikan Afrika Selatan tidak mengenal batas,” kata Netanyahu dalam pidatonya kepada media dari Tel Aviv.

“Di manakah Afrika Selatan ketika jutaan orang dibunuh dan diusir dari rumah mereka di Suriah dan Yaman, dan oleh siapa? Oleh mitra-mitra Hamas,” katanya.

Netanyahu mengatakan Israel berjanji akan terus memerangi Hamas dan bahwa adalah hak negara tersebut untuk mempertahankan diri. Ia juga menyatakan bahwa tentara Israel “melakukan semua yang bisa dilakukan untuk tidak mencelakakan mereka yang tidak terlibat.” [lt/ka]

Sumber: www.voaindonesia.com