Menlu Blinken ke Kairo Upayakan Gencatan Senjata di Gaza

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken bertolak ke Kairo, Mesir, Selasa (6/2), setelah lawatan ke Arab Saudi, dalam seri kunjungan yang lebih luas di Timur Tengah, seiring upaya Washington memajukan negosiasi dalam kesepakatan normalisasi antara kerajaan itu dengan Israel, begitu juga menghadirkan kemajuan pembicaraan terkait pemerintahan Gaza pasca perang.

Blinken telah bertemu penguasa de facto di Arab Saudi, Senin (5/2). Rakyat Palestina berharap, kunjungan ini akan menyelesaikan upaya gencatan senjata sebelum serangan Israel mengancam Rafah, kota perbatasan dimana hampir separuh warga Gaza berlindung.

Tawaran gencatan senjata ini, yang disampaikan ke Hamas pekan oleh mediator Qatar dan Mesir, menunggu jawaban dari kelompok militant itu yang juga mengatakan bahwa mereka menginginkan jaminan kesepakatan ini akan mengakhiri perang yang sudah berkecamuk selama empat bulan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Matthew Miller mengatakan bahwa Blinken dan Putra Mahkota Arab Saudi mendiskusikan koodinasi regional untuk meraih “akhir yang kekal” bagi krisis ini. [ns/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com