Menhan AS Austin Tekankan Pentingnya NATO

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menekankan pentingnya NATO, Kamis (12/10), hari kedua pertemuan para menteri pertahanan yang berfokus pada Ukraina tetapi dibayangi oleh perang Israel-Hamas.

“NATO kuat dan bersatu seperti yang selalu saya lihat,” kata Austin. “Ini masih menjadi forum esensial untuk konsultasi, pengambilan keputusan dan tindakan demi keamanan Transatlantik.”

Para menteri pertahanan NATO pada Rabu (11/10) bergabung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang mengajukan permintaan bantuan militer sehubungan dengan kurangnya dukungan politik di AS dan ada tekanan baru terhadap sekutu untuk mengirim senjata guna mendukung perang Israel melawan Hamas.

Kehadirannya menggarisbawahi kekhawatiran yang kian besar mengenai keretakan di kalangan pendukung kuat Kyiv dalam perangnya melawan invasi Rusia, dan kekhawatiran bahwa pasukan Ukraina tidak mencapai kemajuan berarti dalam serangan balasannya sementara musim dingin semakin dekat. Hari Rabu, Austin menepis anggapan bahwa dukungan untuk Kyiv akan terganggu sewaktu AS mengirim bantuan untuk Israel.

Ukraina sangat membutuhkan senjata lebih banyak lagi untuk membantu pasukannya merebut kembali wilayah dari pasukan Russia sebelum musim dingin tiba.

Namun, kekacauan politik di Kongres AS telah menghambat persetujuan bagi dana baru untuk Ukraina dan ada tentangan yang kian besar dari beberapa legislator terhadap peningkatan pengeluaran. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com