Kurang Dukungan Diplomatik, Afghanistan Tutup Kedubes di India

Kedutaan besar Afghanistan di New Delhi telah ditutup karena para diplomat yang ditunjuk oleh pemerintah Afghanistan yang disingkirkan oleh Taliban dua tahun silam gagal mendapat perpanjangan visa dari tuan rumah India, kata duta besar Afghanistan yang akan mengakhiri tugasnya dalam sebuah pernyataan hari Jumat (24/11).

India tidak mengakui pemerintah Taliban yang merebut kekuasaan pada tahun 2021, dan telah mengizinkan Duta Besar Farid Mamundzay dan staf kedutaan untuk tetap tinggal, mengeluarkan visa dan menangani masalah perdagangan.

Kedutaan itu menghentikan operasinya pada bulan September lalu sewaktu duta besar dan staf seniornya pergi ke Eropa dan AS untuk meminta suaka.

Pada hari Jumat, kedutaan Afghanistan memposting pernyataan di X, yang mengatakan bahwa kedutaan ditutup dan bahwa kunci-kuncinya telah diserahkan kepada pemerintah India. Kedutaan tersebut juga mengatakan bahwa tekanan dari pemerintah India dan Taliban telah memaksa diambilnya keputusan itu.

Kementerian Luar Negeri India dan Kementerian Luar Negeri Afghanistan yang dikelola Taliban tidak segera menanggapi permintaan komentar. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com