Korut, Korsel Saling Tembak di Sepanjang Perbatasan Laut Barat

PBB meminta Korea Utara untuk terlibat dalam dialog dengan Korea Selatan, dalam upaya meredakan ketegangan, setelah tembakan-tembakan peringatan oleh pasukan militer kedua negara.

Korea Utara dan Korea Selatan saling tembak hari Senin (24/10) di sepanjang perbatasan laut barat mereka yang disengketakan. Tempat itu adalah pertumpahan darah dan pertempuran laut pada masa lalu yang kini menimbulkan kecemasan akan kemungkinan terjadinya bentrokan setelah rentetan uji senjata Korea Utara baru-baru ini.

Stephane Dujarric, juru bicara Sekjen PBB Antonio Gutreres mengatakan, semua pihak terkait harus “bersatu untuk mendorong lingkungan yang berguna untuk berdialog.”

Angkatan Laut Korea Selatan menyiarkan dan melepaskan tembakan peringatan untuk mengusir kapal dagang Korea Utara yang melanggar batas laut pada dini hari, kata Kepala Staf Gabungan dalam sebuah pernyataan.

Militer Korea Utara mengatakan, unit pertahanan pantainya membalas dengan melepaskan 10 tembakan peringatan artileri ke arah wilayah perairannya, di mana “gerakan angkatan laut musuh dikenali.”
Ia menuduh kapal angkatan laut Korea Selatan menyusup ke perairan Korea Utara dengan dalih menindak sebuah kapal tak dikenal. [ps/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com