Kandidat Capres AS Nikki Haley Janjikan Gedung Putih ‘Tanpa Drama, Tanpa Balas Dendam’

Kandidat calon presiden dari Partai Republik, Nikki Haley, menjanjikan pencalonan presiden yang “tanpa drama, tanpa balas dendam, tanpa keluhan.”

Dalam wawancara untuk acara “This Week with George Stephanapoulos” yang disiarkan di stasiun televisi ABC pada Minggu (17/12), Haley muncul bersama Gubernur New Hampshire Chris Sununu yang mendukungnya awal pekan ini untuk nominasi presiden 2024 dari Partai Republik. Dukungan tersebut berpotensi memberinya peluang pada awal pemilihan pendahuluan negara bagian.

“Pertama, mendapat dukungan dari organisasi akar rumput konservatif terbesar dan pencinta kebebasan di negara ini bersama American for Prosperity. Kemudian, mendapat dukungan dari gubernur yang berprinsip hidup bebas atau mati. Tidak ada yang lebih baik daripada itu,” kata Haley.

Sununu mendukung Haley setelah jaringan politik konservatif Amerika Serikat, pimpinan miliarder Charles Koch, mendukungnya bulan lalu. Koch mengonsolidasi dukungan dari kubu Partai Republik terhadap Halley, mantan duta besar Amerika Serikat untuk PBB dan gubernur South Carolina.

Trump tetap dominan dalam ajang pencalonan presiden Partai Republik untuk 2024. Sejauh ini ia menarik dukungan lebih dari separuh pemilih partai, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos baru-baru ini. [ka/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com