Jelang Pemilu, Ribuan Pendukung Dua Partai Oposisi Taiwan Berkumpul

Ribuan pendukung Kuomintang (KMT) dan Partai Rakyat Taiwan (TPP) hari Minggu (7/1) berkumpul di kota selatan Kaohsiung untuk secara terpisah menghadiri rapat umum yang diadakan oleh kedua partai oposisi tersebut, kurang dari seminggu menjelang hari pemungutan suara pemilihan presiden Taiwan.

Di salah satu bagian kota pelabuhan selatan, calon presiden KMT Hou Yu-ih mengatakan, “saya akan menyatukan semua orang yang memiliki ide yang sama, termasuk dari pihak oposisi, untuk membentuk pemerintahan yang kuat dan bertanggung jawab. Pemerintahan ini adalah milik semua rakyat dan semua partai.”

Di bagian lain dari kota metropolitan selatan, kandidat TPP dan mantan ahli bedah Ko Wen-je mengatakan “anda semua yang ada di sini tidak dibawa dengan bus. Anda juga tidak berada di sini untuk makan siang dengan dua hidangan utama. Anda berada di sini karena ide yang sama. Kami berpikir bahwa Taiwan tidak boleh berada dalam gejolak tarik-menarik yang kejam antara kelompok hijau (DPP) dan kelompok biru (KMT). Taiwan harus melangkah menuju budaya politik yang baru.”

Warga akan memberikan suara di TPS pada hari Sabtu, 13 Januari nanti. [em/jm]

Sumber: www.voaindonesia.com