Javier Milei Dilantik sebagai Presiden Baru Argentina

“Saya, Javier Gerardo Milei bersumpah demi Tuhan dan tanah air, berdasarkan Injil Suci ini, untuk menjalankan posisi presiden negara Argentina dengan setia dan patriotik, dan dengan setia mengikuti Konstitusi negara Argentina. Ya, saya bersumpah.”

Ekonom libertarian Argentina, Javier Milei, dilantik sebagai presiden pada Minggu 10 Desember, dalam sebuah perubahan besar bagi negara Amerika Selatan tersebut, yang sedang berupaya melakukan perbaikan radikal terhadap krisis ekonomi terburuk dalam beberapa decade, dan inflasi yang meningkat cepat mencapai angka 200 persen.

Milei yang berusia 53 tahun, adalah mantan pakar yang sering muncul di TV dan menjadi terkenal karena omelannya yang penuh sumpah serapah terhadap saingannya, China, dan Paus. Dia diambil sumpahnya menggantikan Peronis atau pengikut Peron, Alberto Fernandez di Kongres yang penuh sesak dengan kerumunan orang yang berkumpul di luar gedung.

Tokoh dengan rambut acak-acakan ini, menandai sebuah pertaruhan besar bagi Argentina: rencana ekonomi dengan kejutan besar, berupa pemotongan belanja yang tajam telah diterima dengan baik oleh para investor dan dapat menstabilkan perekonomian yang sedang dilanda krisis. Namun hal ini berisiko mendorong lebih banyak orang ke dalam kesulitan karena lebih dua perlima penduduknya sudah berada dalam kemiskinan.

Namun, para pemilih, yang mendukung Milei meraih kemenangan dalam pemilu putaran kedua bulan November melawan kandidat koalisi Peronis yang berkuasa , mengatakan bahwa mereka bersedia untuk mengambil risiko terhadap ide-idenya yang terkadang radikal, termasuk menutup bank sentral dan melakukan dolarisasi. [ns/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com