Inspektur Jenderal Pentagon akan Selidiki Perawatan Menteri Pertahanan AS

Inspektur Jenderal independen Pentagon akan melakukan penyelidikan terkait perawatan medis yang dijalani Menteri Pertahanan AS Llyod Austin baru-baru ini dan kegagalan melaporkan perawatan tersebut kepada cabang pemerintahan lain yang berkepentingan, demikian bunyi sebuah memo yang dirilis pada Kamis (11/1).

“Tujuan dari penyelidikan itu adalah memeriksa peran, proses, prosedur, tanggung jawab, dan tindakan terkait dengan perawatan di rumah sakit yang dijalani Menteri Pertahanan pada Desember 2023 sampai Januari 2024,” kata memo itu.

Pentagon mengakui minggu ini bahwa Austin dibawa dengan ambulans ke sebuah rumah sakit pada 1 Januari dan ditempatkan di bagian perawatan intensif setelah menderita komplikasi dari bedah prostat pada 22 Desember. Austin didiagnosis mengidap kanker prostat pada awal Desember.

Tetapi isu kesehatan Austin tidak disampaikan kepada beberapa pembantu senior sampai 2 Januari, dan Gedung Putih baru mengetahui soal perkembangan itu pada 4 Januari.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby menyebut situasi ini “tidak optimal” tetapi menambahkan bahwa Presiden Joe Biden tetap mendukung Austin.

Austin mengatakan dia “bertanggung jawab penuh” untuk kerahasiaan seputar krisis kesehatan dirinya dan dia bertekad untuk “berbuat lebih baik.”

Penyelidikan itu, yang dilakukan oleh inspektur jenderal independen Pentagon, akan menjadi tambahan di samping pemeriksaan 30 hari yang ditujukan terhadap kantor Austin dan pemeriksaan terpisah yang diperintahkan oleh Gedung Putih. [jm/lt]

Sebagian informasi dalam laporan ini diambil dari Agence France-Presse.

Sumber: www.voaindonesia.com