Inggris Kirim Dua Kapal Pelacak Ranjau ke Ukraina

Pemerintah Inggris pada Senin, 11 Desember, menyatakan bahwa mereka akan mengirim dua kapal angkatan laut pemburu ranjau untuk angkatan laut Ukraina, seiring upaya negara itu untuk membentuk koalisi baru pertahanan maritim bersama Norwegia, dalam mendukung penguatan operasi laut Ukraina.

Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps mengatakan, “ Hari ini saya mengumumkan bahwa Inggris menyerahkan 23 perahu serang lepas pantai dan 20 kendaraan amfibi Viking untuk pengerahan pasukan cepat. Saya juga mengumumkan bahwa kami mendukung Ukraina untuk pengadaan dua kapal penangkal ranjau dari Inggris.”

Pemerintah Inggris mengatakan bahwa dua kapal penangkal ranjau kelas Sandown ini akan membuat Ukraina mampu menangkal ancaman ranjau laut dari Rusia dengan lebih baik, dengan tujuan untuk mengembalikan jalur ekspor Ukraina melalui Laut Hitam.

Pengiriman kapal-kapal ini diumumkan bersamaan dengan peluncuran koalisi kemampuan maritim yang dibentuk oleh Inggris dan Norwegia, untuk meningkatkan kemampuan angkatan laut Ukraina, dan menjadikannya lebih kompatibel dengan sekutu-sekutu Baratnya dan meningkatkan keamanan di Laut Hitam.

Setelah Amerika Serikat, Inggris telah menjadi pemasok bantuan militer terbesar kedua bagi Ukraina sejak perang itu dimulai pada Februari 2021. London juga telah menyediakan kursus pelatihan militer bagi sekitar 20 ribu warga Ukraina sepanjang satu tahun terakhir. [ns/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com