Fokus pada Keamanan Nasional, Biden Tunda Kunjungan ke Colorado

Presiden AS Joe Biden menangguhkan kunjungan ke sebuah fasilitas pembangkit listrik tenaga angin di Colorado hari Senin (16/10) untuk tetap berada di Gedung Putih gua mengadakan pertemuan mengenai keamanan nasional, kata Gedung Putih, sementara Biden mempertimbangkan untuk melakukan kunjungan ke Israel di tengah-tengah konfliknya dengan Hamas.

Para pejabat AS dan Israel sedang mendiskusikan kemungkinan kunjungan Biden ke Israel dalam waktu dekat atas undangan PM Israel Benjamin Netanyahu, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut hari Minggu.

Kunjungan Biden untuk menunjukkan dukungan bagi sekutu terbesar AS di Timur Tengah akan itu mengikuti kunjungan serupa yang dilakukan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang sekarang sedang berada di kawasan tersebut.

Upaya-upaya diplomatik sedang berlangsung untuk mengirim bantuan ke wilayah kantong di Gaza, yang telah mengalami serangan bom Israel tanpa henti sejak serangan 7 Oktober terhadap Israel yang dilakukan militan Hamas. Serangan tersebut menewaskan 1.300 orang, korban terbanyak dalam satu hari dalam 75 tahun sejarah negara itu.

Pasukan Israel meningkatkan bombardemen mereka ke Gaza pada hari Senin dengan serangan udara pada malam sebelumnya, sewaktu konflik memasuki hari kesepuluh dengan serangan darat Israel diduga akan berlangsung dalam waktu dekat. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com