Bom di Pasar Mogadishu, Somalia, 10 Tewas

Sedikitnya sepuluh orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam serangkaian pemboman di pasar utama Bakara di Mogadishu, pada hari Selasa (6/2), kata sumber-sumber keamanan.

Para pemimpin bisnis di pasar itu mengatakan, ledakan tersebut menarget jaringan toko barang elektronik di pasar itu.

“Toko grosir elektronik di pasar, sekitar enam toko utama, terkena ledakan,” kata kepala komunitas bisnis pasar, Hassan Abdi Ahmed, kepada VOA Somalia.

Ahmed mengatakan, ledakan di satu toko menewaskan dua karyawan. Reporter VOA mengatakan, para pekerja dan pelanggan lain di pasar itu termasuk di antara korban tewas.

Pihak berwenang di Mogadishu mengatakan, ledakan disebabkan oleh perangkat yang dipasang di toko.

“Penyelidikan sedang berlangsung, dilakukan oleh badan-badan keamanan dan keterangan akan diperbarui nanti,” kata Mohamed Ahmed Diriye, wakil walikota Mogadishu untuk keamanan dan kebijakan.

Pihak berwenang tidak mengungkapkan motif serangan terhadap tempat bisnis itu, namun seorang petugas keamanan yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada VOA Seksi Somalia, bahwa serangan itu terkait dengan pemasangan sejumlah kamera CCTV oleh para pelaku bisnis.

Dilaporkan, para militan khawatir kamera-kamera tersebut akan membantu pihak keamanan mengidentifikasi para anggota al-Shabab. [ps/lt]

Sumber: www.voaindonesia.com