Hukum  

Komponen Panen Listrik SDP

Dengan berjalannya waktu dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, turut memberikan hal baru dalam dunia kelistrikan dengan hadirnya harga panel SDP yang semakin hari semakin berubah dari tahun ke tahun. Tentu saja ini bukan tanda kewarasan, namun kenaikan harga panel disebabkan beberapa hal.

Sebagai orang awam, Anda mungkin akan bingung dan penasaran dengan panel SDP yang seringkali menutupi berbagai hal di bidang kelistrikan. Nah, untuk memuaskan rasa penasaran Anda, saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang apa yang dimaksud dan komponen-komponen yang terlibat.

Panel SDP adalah jenis panel listrik yang menggabungkan dua hal, listrik dan transformator, untuk menyediakan listrik siap pakai bagi rumah dan industri. Harga panel SDP sendiri ditentukan berdasarkan jenis bahan, ukuran, model dan juga spesifikasi yang dimilikinya.

Masing-masing panel ini memiliki beberapa bagian komponen yang berbeda di dalam setiap panel, termasuk yang berikut:

  1. ACB (pemutus sirkuit udara)

    ACB memiliki fungsi kelistrikan untuk tegangan rendah mulai dari 380 kV yang menggunakan tekanan udara pada setiap operasi switching.

  1. MCCB (Sirkuit Kotak Cetakan)

    MCCB merupakan salah satu komponen yang termasuk dalam panel SDP dengan fungsi industri dan komersial serta dapat digunakan untuk menampung alat berat.

  1. Pengukur Amper

    Digunakan untuk menyoroti beban saat ini pada mesin listrik yang dapat digunakan dalam operasi terus menerus

  1. Lampu Indikator

    Alat ini berperan penting sebagai simbol arus atau tegangan yang masuk. Beberapa istilah yang digunakan dalam tegangan distribusi yaitu R, S, T dengan warna biru, merah dan kuning.

  1. Voltmeter

    Komponen ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan amperemeter, hanya saja lebih lengkap dalam hal watt yang digunakan untuk faktor daya.

  1. Kontak Magnetik

    Sedangkan komponen ini lebih didasarkan pada prinsip operasi medan magnet yang timbul dari arus listrik. Kontraktor menunjukkan magnet atau biasa disebut kumparan yang menarik kontak NO ke NC. Selain komponen yang disebutkan di atas, ada komponen lain yang disertakan dalam panel SDP. Dan harga panel SDP dapat ditentukan berdasarkan jenis, bahan dan ukuran.