sinergy-bumn

TENTANG

Jasa Tirta II yang tepat pada tanggal 26 Agustus 2019 genap mengabdi selama 52 tahun adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola Bendungan Ir. H. JUANDA Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat. Perusahaan itu didirikan setelah bendungan yang dimulai pembangunannya oleh Presiden RI Ir. Soekarno tahun 1957 beroperasi pada tahun 1967. Proyek ini sekaligus menandai semangat Indonesia dalam menyiapkan infrastruktur pengelolaan sumber daya air (SDA) untuk penyediaan, keamanan dan kedaulatan pangan dan energi sebagai negara baru.

Bendungan Ir. H. JUANDA Jatiluhur diresmikan sebagai bendungan terbesar di Indonesia pada 26 Agustus 1967. Perdana Menteri Ir. Juanda yang namanya diabadikan sebagai nama bendungan itu sangat berperan mengusahakan terwujudnya proyek tersebut.

Waduk raksasa ini punya kapasitas 2.55 miliar m3 dibuat dengan membendung aliran Sungai Citarum, mengalir sepanjang lebih dari 290 km dari sumber mata air Situ Cisanti di Pangalengan Bandung dan bermuara di Muara Gembong Laut Jawa Bekasi.

Jatilihur adalah bendungan multifungsi pertama yang dibangun oleh Indonesia dengan luas daerah aliran sungai yang mencapai 4500 km2. Di dalam bendungan terpasang pula 6 unit turbin pembangkit listrik berkapasitas 187.5 MW dengan produksi listrik rata rata mencapai lebih dari 1.000 juta kWh per tahunnya.

Kawasan Wisata Waduk Ir. H. Djuanda

Jatiluhur, Jawa Barat


Email : info@jatiluhurjazz.com
© 2019 JaluJAZZ · Allright reserved
Disclaimer | Privacy | Term & Condition